Wednesday, 6 April 2011

CANDI TIKUS TROWULAN



Dalam perjalanan pulang dari air terjun CUBAN CANGGU pacet MOJOKERTO, ke JOMBANG, kami (aku dan tiga orang temanku yang manis-manis) melewati beberapa situs peninggalan MOJOPAHIT, salah satunya adalah candi tikus di TROWULAN.
Dan tak kami lewatkan kesempatan untuk mampir dan melihat-lihat candi.
Candi Tikus adalah sebuah candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di kompleks Trowulan, tepatnya di Dukuh Tinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Lokasi di Wikimapia [1]. Candi ini merupakan salah satu situs arkeologi utama di Trowulan. Bangunan Candi Tikus berupa tempat ritual mandi (petirtaan) di kompleks pusat pemerintahan Majapahit. Bangunan utamanya terdiri dari dua tingkat.
di kanan kiri candi ada taman-taman yg sangat asri, dan pohon-pohon rindang. Banyak bangku-bangku kayu di bawah pohon yang dapat di gunakan oleh pengunjung untuk bersantai sambil memandang candi dan taman di sekitarnya.

pandangan saya tertuju pada pohon-pohon yang sedang berbuat lebat, buah berwarna hijau sebesar jeruk bali, kulitnya keras namun bertekstur halus, ternyata buah itu adalah buah mojo. Saya jadi ingat bukankah nama kerajaan MOJOPAHIT di ambil dari nama buah mojo yang konon rasanya sangat pahit.

sebenarnya kami masih betah berlama-lama duduk di sini, tapi karena waktu sudah menunjukan waktu dhuhur ,dan perut kami pun sudah terasa sangat lapar, akhirnya kami beranjak dari tempat ini dengan terlebih dahulu mengabadikan photo-photo kami di sini. The next, pingin jg aku ke sini lagi.....

No comments:

Post a Comment