Wednesday, 24 August 2011

MENIKMATI SORE DI GAPURA WRINGIN LAWANG


Aku dan sahabat-sahabatku suka sekali mengunjungi tempat-tempat sejarah, khususnya peninggalan kerajaan mojopahit, karena dekat hanya 30 menit dari tempat tinggal kami.
Tanggal 17 agustus 2011, walau pun kami sedang berpuasa tak menghalangi hoby kami untuk datang dan menyaksikan bukti sejarah kemegahan kerajaan mojopahit yaitu salah satunya “gapura agung wringin lawang”
sambil menunggu waktu berbuka puasa kami ngabuburit ke wringin lawang.
Wringin Lawang adalah sebuah gapura peninggalan kerajaan Majapahit abad ke-14 yang berada di Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Dalam bahasa Jawa, "Wringin Lawang" berarti "Pintu Beringin". Bangunan ini terletak tak jauh ke selatan dari jalan utama di Jatipasar.
Gapura agung ini terbuat dari bahan bata merah dengan luas dasar 13 x 11 meter dan tinggi 15,5 meter. Diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Gerbang ini lazim disebut bergaya "Candi Bentar" atau tipe "gerbang terbelah". Gaya arsitektur seperti ini diduga muncul pada era Majapahit dan kini banyak ditemukan dalam arsitektur Bali. Kebanyakan sejarawan sepakat bahwa gapura ini adalah pintu masuk menuju kompleks bangunan penting di ibu kota Majapahit. Dugaan mengenai fungsi asli bangunan ini mengundang banyak spekulasi, salah satu yang paling populer adalah gerbang ini diduga menjadi pintu masuk ke kediaman Mahapatih Gajah M


Cukup indah menikmati sore di wringin lawang saat saya duduk di tangga di gapura ini, saya membayangkan di masa lalu pasti banyak prajurit penjaga ada di sini, dan tidak setiap orang bisa keluar masuk dengan semaunya seperti kami saat ini .ehhmmm. setelah melewati gapura ini kira-kira bangunan tempat tinggal siapa ya yang kita temui, rumah raden wijaya atau rumah mahapatih gajah mada seperti yang di perkirakan para ahli sejarah.

Setelah puas melihat-lihat gapura, kami duduk santai di taman sekitar gapura. Aku lihat gapura dari jarak tak terlalu jauh, kokoh, anggun tapi seperti menyimpan berjuta misteri. Andai gapura ini bisa berkata-kata pasti banyak kisah yang bisa di ceritakan. Peristiwa apa saja yang dulu pernah terjadi di bumi majapahit, siapa dan bagaimana orang-orang penting di jaman majapahit yang pastinya semua pernah melalui gapura ini, dan jika gapuranya saja begini megah, terus seperi apa ya..kemegahan bangunan di balik gapura ini....tiba-tiba aku tersenyum, ah angan-angan ku kok jauh mengembara ke masa lalu, yang pasti hanya Allah yang tahu bagaimana dan seperti apa di jaman itu.


Aku melirik ke arah jam tanganku, waktu menunjukan pukul 17.20 menit, kami pun bersiap-siap meninggalkan tempat ini, untuk mencari tempat makan berbuka puasa. Itulah teman-teman sedikit kisah kami saat ngabuburit di wringin lawang mojokerto......sekarang waktunya berbuka puasa yuukkkk......ketemu lagi di ceritaku berikutnya...

No comments:

Post a Comment