Monday, 27 February 2012

WISATA RORO KUNING NGANJUK


Sebulan yang lalu, saya dan keluarga besar berkesempatan ke Nganjuk untuk mengunjungi keponakan saya si kecil “azidan” yang selalu bikin saya kangen.karena dia itu pinter dan lucu banget .Di sela-sela kunjungan tersebut, saya ajak keluarga besar ke wisata roro kuning, dan mereka setuju. Akhirnya dengan persiapan seadanya kami mampir di tempat wisata Roro Kuning, Bajulan Nganjuk.
Perjalanan menuju air merambat roro kuning, lumayan mengasikan. Kami melewati sawah-sawah yang hijau yang cukup indah di pandang. Sepanjang jalan ada sungai dengan batu-batu besar. Gemiricik air sungai dan batu-batu yang besar membuat saya pingin banget berhenti sebentar di sungai itu.
tapi sayang keinginan itu harus saya pendam, karena saya yakin yang lain pasti tidak setuju dan ingin langsung ke tempat tujuan dengan segera.

Tak lama kemudian pintu gerbang wisata roro kuning tampak di depan mata, wow tiket masuknya sangat murah hanya Rp.2000 per-orang.
setelah membayar tiket masuk, kami berjalan menuju tempat istirahat di dekat air merambat roro kuning. Saya sendiri langsung menuju air terjun kecil itu, airnya dingin dan saat itu lumayan banyak pengunjung di sana.
Spot pertama yang saya tuju adalah air terjunnya. Kata penduduk setempat Aliran air terjun sudah dibendung, sehingga tidak lagi alami dan jernih seperti dulu. Pembangunan infrastruktur juga dilakukan sesempurna mungkin, mulai dari kolam renang, fasilitas outbond, aula hiburan, tempat perkemahan, mushola sampai kios-kios warung di sekitar air terjun.


di tempat wisata itu ada juga kolam renang untuk dewasa dan satu lagi untuk anak-anak, tapi kolam untuk dewasa sepi pengunjung. Mungkin karena letaknya dekat tempat parkir dan agak jauh dari air terjun.
Saya tertarik main di kolam renang anak-anak, airnya yang alami terasa sangat dingin, segera saya panggil keponakan-keponakan saya .....wow mereka langsung menghampiri saya, ikut nyebur di kolam itu. Anda tahu berapa tiket masuk kolam renang ini, murah hanya Rp.1000 per-orang. Benar-benar murah deh berwisata di rorokuning ini, tapi tentu saja jangan mengharap fasilitas yang berlebihan dari tempat wisata ini.


sebenarnya saya tertarik untuk menuju sungai di sebelah kanan air terjun, dan saya lihat juga ada papan petunjuk ke air terjun pacoban lawe, dan ngunul yang jaraknya sekitar 5 KM, dari air terjun rorokuning. Tapi jalan menuju ke dua air terjun itu katanya cukup terjal. Dan saya rasa tidak mungkin kalau harus berpetualang ke sana dengan mengajak keponakan-keponakan saya yang relatif masih kecil . Mungkin next time jika saya berkesempatan ke sini bersama teman-teman, saya ingin mencoba mengunjungi ke dua air terjun itu.


Karena keterbatasan waktu dan harus segera pulang ke jombang, saya hanya melewatkan waktu sekitar 2 jam di sana yang saya rasa sangat kurang karena saya sebenarnya masih ingin main di sungai yang dari jauh terlihat sangat mengasikan. Next time saya ingin kembali ke sana dengan target waktu yang lebih longgar dan berangkat agak lebih pagi agar matahari lebih bersahabat saat pemotretan.
Kesimpulan saya, jika pembaca mampir ke Kota Nganjuk, akan rugi jika tidak meluangkan waktu untuk mengunjungi obyek wisata ini. Wisata murah meriah dan sangat mengasikan di kunjungi bersama keluarga.

No comments:

Post a Comment