Tuesday, 13 May 2014

Wisata Segoro Indah Dalegan (WISID)

Hari minggu kemarin, saya dan keluarga pergi ke gresik untuk menghadiri pernikahan salah satu kerabat di sana.
Udara kota gresik sangat panas, berangkat dari jombang sekitar jam 8.30 pagi sampai di sana sekitar jam 11 siang.
Masyarakat di sekitar daerah itu banyak yang bekerja di tambak, sehingga sejauh mata memandang banyak terdapat tambak-tambak ikan.

Setelah menghadiri acara pernikahan dan sholat di masjid sekitar,  jam 13.30 siang kami tidak langsung pulang, karena kami ingin mengunjungi beberapa tempat wisata di kota ini.
Awalnya kakak saya ingin mengajak kami ke makam sunan giri, tapi kami sudah beberapa kali  berkunjung ke sana,atas usul saya akhirnya kami pergi mengunjungi salah satu pantai di kawasan pantai utara di gresik yaitu pantai dalegan.

Sebelumnya saya sempat browsing di internet tentang pantai di gresik, yang terkenal dengan nama WISID (wisata segoro indah dalegan)
Melalui petunjuk yang ada di sepanjang jalan, akhirnya kami menemukan pantai dalegan ini setelah menempuh 1 jam perjalanan dari sembayat gresik.
Track menuju lokasi wisata ini tergolong sangat baik, karena kondisi jalan yang sudah beraspal dan tida rusak, sehingga bisa di lewati oleh berbagai macam kendaraan.

Harga tiket masuk ke WISID Rp.6000,- untuk orang dewasa, dan Rp.4000 untuk anak-anak.
Pantainya tidak terlalu besar namun pengunjunganya cukup ramai, Ombak di pantai ini cukup tenang sehinnga banyak sekali pengunjung yang berenang di pantai ini.
Fasilitas di pantai ini sudah lumayan banyak, ada kamar mandi, tempat parkir. mushola dan beberapa gazebo. banyak penjual makanan, minuman dan souvenir di sini. Jadi jangan khawatir jika datang ke sini tidak membawa bekal.
kita juga bisa menyewa ban untuk berenang di sini, atau menyewa sepeda air untuk menikmati panorama laut, atau hanya duduk-duduk di bawah pohon sepanjang pantai dengan menyewa tikar di sini ada juga lho. Untuk kebersihan mungkin perlu di perhatikan lagi, banyak sampah yang di buang sembarangan.karena pengunjung  dan pengelola yang kurang menyadari arti kebersihan untuk keindahan sebuah tempat wisata.

Pemandangan di pantai lumayan bagus, walau tentunya tidak seindah pantai-pantai di kawasan laut selatan, karena ciri khas pantai selatan kan memiliki ombak yang besar, dengan  view yang cantik dan lautan yang membiru
Namun walau tidak secantik pantai selatan, WISID layak di jadikan salah satu alternatif kunjungan wisata anda, terutama anda yang punya hobby berenang di laut, karena pantai dalegan cukup aman untuk berenang bagi orang dewasa dan anak-anak namun tetap harus dalam pengawasan orang tua.

Sebenarnya saya juga ingin sekali berenang, tapi karena tidak membawa baju ganti dan waktu yang sudah sore, maka keinginan itu sementara saya pending dulu deh.
Akhirnya saya hanya berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai menikmati panorama laut sambil melantunkan lagu ebiet "bila saja kau ada di sampingku, sama-sama arungi pantai biru......" (lirik lagunya sedikit di edit tentunya,...ah andai saja.. hehehe :-) )

Hari semakin sore, tapi matahari di langit gresik masih begitu garangnya. dan kami harus segera balik ke jombang, namun sebelumnya kami sempat membeli beberapa macam jenis ikan bakar, yang banyak di jual di sekitar pantai sebagai oleh-oleh.