Wednesday, 22 April 2015

PENDOPO AGUNG MOJOPAHIT TROWULAN





Sebulan yang lalu, saya di minta sepupu dan suaminya untuk mengantar mereka  
wisata religi ke makam mbah sayid sulaiman di betek mojoagung,
setelah dari makam, saya lihat cuaca terang dan hari belum sore, maka saya  
ajak mereka untuk mengunjungi situs-situs peninggalan majapahit di trowulan.

Hampir semua situs di trowulan sudah pernah saya kunjungi,  yang belum
salah satunya adalah pendopo agung mojopahit. akhirnya jadilah kami ke sana.
saya tidak mengira kalau banyak pengunjung di pendopo itu, karena dari luar 
sepintas hanya tampak sebuah pendopo yang biasa-biasa aja.
Saya jadi berpikir, selain  pendopo apa daya tarik lain 
sehingga banyak pengunjung di sini, sebelum sampai di pendopo kami harus
melalui sebuah gerbang yang relatif baru, saya tidak tahu pasti 
apa gerbang ini termasuk peninggalan jaman dulu atau bangunan baru sebagai 
salah satu fasilitas yang di bangun dinas pariwisata setempat.di gerbang ini 
kita akan di tarik retribusi yang murah meriah 1000 rupiah/per-orang
Di pendopo banyak pengunjung, ada serombongan orang yang sedang 
berkumpul  dan berdiskusi, ada juga keluarga dan  anak-anak mereka,
oh rupanya pendopo ini tempat untuk bersantai,
 pendopo ini di bangun sangat kokoh, dan suasananya adem
mungkin itulah alasan banyak orang yang sekedar melepas lelah di pendopo ini.
Setelah melihat-lihat pendopo, saya melanjutkan ke belakang pendopo 
ternyata di sana ada petilasan dari mahapatih gajah mada dan raden wijaya
ada juga sebuah kayu yang menancap di bumi, di beri nama paku bumi
saya kurang tahu apa sejarah dari paku bumi ini, namun saya lihat cukup 
di rawat dengan di beri tempat khusus.
Setelah saya rasa cukup melihat-lihat, saya dan sodara saya berencana 
sholat ashar di mushola di area parkir, 
tapi sayang sekali  air kran untuk berwudhu tidak berfungsi.
akhirnya kami putuskan untuk sholat di tempat lain dan mencoba sambel wader
yang banyak di jual di depan kolam segaran.
































































No comments:

Post a Comment